Minggu, 20 Maret 2016

SAKSI 2016
SAKSI (Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa), tempat kita dilatih oleh TNI di dodik latpur selama 3 hari 2 malam. Pada saksi tahun ini kita berada di tempat yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tempat kita tahun ini adalah di Gunung Bunder, tempat yang terdapat banyak tanjakan yang sangat menyabalkan.
Sebelum kegiatan SAKSI  kita ada PRA-SAKSI, tanggal 1-3 februari, saat PRA-SAKSI  kita ditugaskan untuk membuat tongkat dan vandel. Hari pertama kita ke tecil untuk mencatat model tongkat dan vandel. Hari kedua kita ke auditorium untuk materi dari Prof.DR.Hj Arief Rachman tentang kepemimpinan. Setelah selesai kita langsung menuju lapangangan untuk latihan PBB, latihan PBB kita dibagi menjadi pleton dan kompi. Setelah PBB kita diberi waktu untuk istriahat lalu terdengar suara peluit untuk berkumpul di hallma. Di hallma kita disuruh membuat tongkat dan vandel mulai dari jam 1 sampai dengan selesai. Waktunya pulang sebagian besar kelompok belum selesai mengecat tongkat walaupun sudah waktunya pulang. Pada hari ketiga
Pada hari pertama saksi, hari jum’at tanggal 5 februari 2016, kita memakai seragam pramuka dan bersiap-siap untuk berangkat ke Gunung Bunder. Kita ada apel pemberangkatan dulu lalu kita menuju ke tronton. Perjalanan ke Gunung Bunder sangat lama, sekitar 3 jam. Saat kita sampai kita harus jalan ke lapangan utama membawa tas masing-masing yg berat banget dan perjalanan lumayan jauh. Di lapangan utama kita melaksanakan sedikit PBB lalu kita menuju ke barak. Setelah itu kita makan komando (makom) terus kita jalan ke aula untuk materi dari sioux. Pada saat materi kita diceritakan tentang ular dan ada yg digigit ular. Setelah selesai, ada parade busana. Saat parade busana, perwakilan dari masing-masing kelompok maju memakai pakaian adat dari daerah masing-masing kelompok Akhirnya juga selesai dan kita menuju ke barak untuk tidur.
Pada hari kedua saksi, hari sabtu 6 februari 2016 kita melakukan senam pagi dan setelah itu kita makom. Lalu kita siap-siap untuk melakukan outbound. Kegiatan outbound, ada flying fox, turun tebing, lempar pisau, dan lain-lain. Pada kegiatan outboun beberapa orang tua murid datang untuk melihat anaknya. Setelah outbound kita mengikuti acara pelantikan SAKSI dan diberi lencana bendera Indonesia, setelah itu semuanya mengikuti hiking ke curug pangeran dan boleh berendam. Setelah selesai kita boleh kembali ke barak untuk rapih-rapih dan siap-saip untuk pensi di aula. Saat pensi ada banyak penampilan seperti dance battle, fashion show, stand up comedy, dan lain-lain. Lalu kita balik lagi ke barak untuk tidur.

Hari terakhir saksi, hari minggu 7 februari 2016, kami langsung menuju lapangan utama. Perjalanannya cukup menguras banyak tenaga karena jalannya menanjak dan kami harus membawa barang bawaan yang cukup berat. Di lapangan, kami melakukan upacara penutupan. Setelah upacara penutupan, ada pengumuman peserta terbaik SAKSI,perserta busana daerah terbaik,serta kelompok dengan vandel & tongkat terbaik. Kemudian ada sesi foto bersama perkelas bersama wali kelas. Lalu kami menuju ke tronton dan kembali ke Jakarta. SAKSI 2016 ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar